CARA MUDAH MENGGANTI LAMPU DEPAN SEPEDA MOTOR mengganti lampu depan sepeda motor yang putus adalah tugas perawatan yang penting dan bisa di lakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel. proses ini umumnya sederhana, namun mungkin sedikit berbeda tergantung merk dan model sepeda motor anda. PERALATAN YANG DI PERLUKAN KETIKA INGIN MENGGANTI LAMPU DEPAN SEPEDA MOTOR - lampu pengganti : pastikan tipe dan soket lampu sesuai dengan motor anda. - obeng = dan - - sarung tangan atau lap bersih 1. LANGKAH LANGKAH PENGGANTIAN 1. matikan mesin motor dan cabut kunci kontak 2. biarkan lampu dingin jika motor bru saja di gunakan 2. MELEPAS PENUTUP LAMPU 1. pada beberapa model motor sport atau bebek, anda mungkin perlu melepas fairing atau penutup plastik tertentu di sekitar area lampu depan untuk mengakses bagian belakang rumah lampu. 2. gunakan obeng untuk melepas sekrup atau baut yang menahan penutup lampu. 3. MELEPAS BOHLAM LAMA - lampu depan di pegang oleh soket dan biasanya di tutup oleh ka...
Cara Mengganti Piston Motor Vario 150: Panduan Lengkap
Piston adalah salah satu komponen vital pada mesin Honda Vario 150 yang berfungsi mengubah tekanan pembakaran menjadi tenaga mekanis. Seiring pemakaian, piston dapat aus, baret, atau mengalami kerusakan sehingga perlu diganti. Mengganti piston bisa dilakukan sendiri jika Anda memahami langkah-langkahnya, namun tetap memerlukan ketelitian karena ini bagian inti mesin.
Berikut panduan lengkap cara mengganti piston Vario 150.
1. Tanda-Tanda Piston Perlu Diganti
-Sebelum melakukan penggantian, pastikan memang ada gejala kerusakan pada piston, seperti:
Tarikan motor melemah
- Asap knalpot putih berlebihan
- Oli cepat habis
- Suara mesin kasar (ngelitik/ketukan)
- Kompresi mesin menurun
Jika beberapa gejala ini muncul, kemungkinan piston atau ring piston sudah aus.
2. Peralatan yang Dibutuhkan
- Siapkan peralatan berikut:
- Kunci ring dan kunci T lengkap
- Kunci shock
- Obeng (+ dan -)
- Kunci khusus magnet / flywheel (opsional)
- Feeler gauge (jika ingin cek celah ring piston)
- Kompresor angin (opsional)
- Lap bersih dan oli mesin baru
Piston kit Vario 150 (piston, ring, pin piston, snap ring)
3. Langkah-Langkah Mengganti Piston Vario 150
A. Membongkar Bagian Mesin
- Matikan motor dan lepas aki
Untuk keamanan saat bekerja.
- Lepas cover body dan box filter udara
Agar area mesin lebih mudah diakses.
- Kuras oli mesin
Buka baut oli dan biarkan mengalir habis.
- Lepas knalpot
Baut pada head silinder harus terbuka agar blok bisa dilepaskan.
- Lepas injektor dan throttle body (jika perlu)
Untuk memberi ruang lebih saat membuka head silinder.
- Buka radiator cover dan selang pendingin
Karena Vario 150 menggunakan pendingin cair, lepaskan coolant terlebih dahulu.
B. Membuka Head dan Blok Silinder
- Lepas cover head dan tutup rantai keteng
- Pastikan posisi top (T)
Putar magnet hingga tanda “T” pada magnet sejajar dengan tanda pada blok mesin.
Ini untuk menjaga timing rantai keteng tetap aman.
- Kendurkan tensioner keteng
Supaya rantai longgar saat melepas head.
- Lepas baut head silinder
Buka secara silang agar tidak merusak permukaan.
- Angkat head silinder
Lalu lepas blok silinder (bore).
C. Melepas Piston Lama
- Lepas ring piston lama
Hati-hati agar tidak menggores permukaan piston jika ingin dianalisis.
- Buka pengunci pin piston (snap ring)
Gunakan obeng kecil atau tang khusus.
- Dorong pin piston keluar
Kemudian lepaskan piston dari connecting rod.
D. Memasang Piston Baru
- Bersihkan permukaan crankcase dan connecting rod
Pastikan tidak ada kotoran atau serpihan.
- Pasang ring piston baru
- Pastikan posisi tanda “TOP” pada ring menghadap ke atas.
- Sesuaikan celah ring menggunakan feeler gauge (opsional tapi sangat dianjurkan).
- Pasang piston ke batang piston (conrod)
Lubrikasi pin piston dengan oli baru.
- Pasang snap ring dengan kuat
Pastikan terpasang sempurna agar tidak terlepas saat mesin bekerja.
E. Memasang Kembali Silinder dan Head
- Lumasi dinding silinder dengan sedikit oli
Untuk memudahkan masuknya piston.
- Masukkan piston ke silinder
Tekan ring dengan jari hingga masuk rapat ke bore.
- Pasang kembali blok silinder ke crankcase
- Pasang head silinder dan kencangkan baut secara menyilang
- Pasang kembali tensioner keteng dan atur ketegangannya
- Pastikan timing keteng tetap sesuai posisi T
F. Perakitan Akhir
- Pasang kembali selang coolant, throttle body, knalpot, dan part lain.
- Isi ulang oli mesin dan air radiator.
- Nyalakan mesin dan biarkan idle selama 5–10 menit.
- Periksa kebocoran oli atau coolant.
4. Tips Agar Piston Lebih Awet
- Gunakan oli berkualitas dan rutin ganti sesuai interval.
- Jangan memaksa motor pada rpm tinggi saat mesin masih dingin.
- Gunakan bensin beroktan lebih tinggi jika kompresi motor sudah naik.
- Rutin periksa filter udara dan sistem pendinginan.
5. Kapan Sebaiknya Piston Diganti ke Ukuran Oversize?
Jika dinding silinder mengalami baret parah, biasanya bengkel akan merekomendasikan oversize (OS) seperti OS 25, 50, atau 75.
Namun, Vario 150 menggunakan silinder bertipe eSP yang lebih sering diganti blok silinder baru OEM daripada dioversize di bengkel bubut.
selamat mencoba.
Wah sangat membantu bang. Terima kasih
ReplyDelete